Cara menghilangkan stretch mark dengan cepat

Stretch mark adalah kondisi di mana terbentuknya guratan berwarna putih dan keunguan di atas permukaan kulit. Kondisi ini dipicu akibat adanya peregangan, biasanya peregangan akibat hamil. Dan akibat itu pula, stretch mark sering disebut sebagai gurat kehamilan. Padahal sejatinya stretch mark ini adalah masalah yang pasti dialami oleh semua wanita karena yang belum hamil juga dapat mengalami peregangan.

Ketika kehamilan, otomatis berat badan akan naik dengan drastis dalam waktu yang cepat. Dan hal itulah yang menjadikan kulit mengalami peregangan. Peregangan kulit sering terjadi pada daerah paha, perut, betis, lengan atas, bahkan bokong. Pada tahap awal pembentukannya, guratan putih ini ditandai dengan adanya timbunan lemak yang berada di bawah permukaan kulit.

Tak heran memang, karena sebagian besar bagian tubuh wanita dibentuk oleh lemak. Dan terjadilah peregangan kulit pada lapisan dermis akibat adanya kenaikan berat badan yang drastis. Akibatnya, pembuluh darah dan sel kulit yang berada pada lapisan kulit akan pecah lantaran kulit yang meregang/melar secara berlebihan. Dan pecahnya pembuluh darah serta sel kulit inilah yang menyebabkan guratan berwarna keunguan muncul.

Guratan berwarna keunguan ini terjadi akibat robekan pada bagian dermis yang biasanya disertai dengan rasa gatal akibat adanya aktivitas pigmen kulit lewat melanosit. Namun, nantinya akan berubah lagi menjadi warna putih sebagai ciri bahwa jaringan baru telah terbentuk. Warna putih pada jaringan baru biasanya berbeda dengan warna kulit asli.

Guratan peregangan bukan hanya terjadi akibat adanya pertambahan berat badan yang drastis, juga dapat disebabkan karena elastisitas kulit berkurang. Kurangnya elastisitas ini sering terjadi pada wanita yang kekurangan kolagen kulit serta dehidrasi sehingga risiko terjadinya guratan peregangan menjadi lebih besar.

Cara menghilangkan stretch mark dengan cepat menggunakan bahan alami

Memiliki berat badan yang berlebihan tentu kurang begitu baik dan akan berakibat kurang baik bagi kesehatan. Begitu juga stretch mark yang salah satunya penyebabnya akibat kelebihan berat badan. Dan berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan stretch mark dengan menggunakan bahan alami:

  • Ampas kopi. Ternyata ampas kopi mempunyai kelebihan tersendiri yaitu dapat membantu menghilangkan selulit atau stretch mark. Namun perlu untuk diketahui, ampas kopi yang digunakan adalah ampas yang sudah diseduh tanpa campuran gula. Cukup ratakan ampas kopi pada bagian kulit yang mengalami stretch mark dan diamkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bersihkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan secara rutin.
  • Wortel. Selain menjadi konsumsi, ternyata wortel juga dapat membantu menghilangkan stretch mark atau selulit. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu tinggal haluskan wortel lalu campurkan dengan madu secukupnya, dan setelah itu oleskan sampai merata pada bagian kulit yang mengalami stretch mark. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bersihkan. Hasil maksimal gunakan secara rutin.
  • Lidah buaya. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam lendir lidah buaya mempunyai efek yang sangat baik bagi kulit, terutama bagi kulit yang mengalami stretch mark. Dengan lendir tersebut, stretch mark dapat disamarkan secara perlahan. Pengguaan cukup mudah, tinggal oleskan lendir lidah buaya pada bagian kulit yang meregang secara rutin. Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai cara untuk cara menghilangkan jerawat.
  • Minyak zaitun. Kaya akan kandungan vitamin E dan juga vitamin C, minyak zaitun juga dapat membantu menghilangkan stretch mark. Minyak zaitun dapat digunakan dengan cara dioleskan pada kulit yang terkena stretch mark, lalu pijat. Hasil maksimal dengan menggunakannya secara rutin.
  • Cuka apel. Selain bermanfaat untuk digunakan sebagai pengobatan penyakit lain, ternyata cuka apel juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan stretch mark. Untuk penggunaanya, cuka apel digunakan dengan cara dioleskan. Hindari penggunaan yang terlalu banyak. Digiyan.com menyarankan digunakan pada malam hari sebelum tidur dan esok paginya baru dibersihkan.

Namun coba pikirkan lagi, apakah Anda sempat membuat dan menyediakan bahan tersebut secara rutin sedangkan waktu Anda terbatas? Di zaman yang modern seperti sekarang ini, sudah banyak produk yang berbahan dasar alami serta aman untuk membantu mengatasi selulit atau stretch mark. Namun begitu, Anda perlu waspada memilih produk, karena tidak semua produk aman digunakan.