Cara Menjaga Kualitas Sperma

Melakukan hubungan seksual memang merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan bahkan ini adalah salah satu kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Hubungan seks tidak hanya bermaksud untuk memuaskan nafsu pasangan saja, tetapi juga bertujuan untuk mendapatkan keturunan bagi mereka yang sudah menikah. Namun terkadang keingina mendapatkan keturunan tidak lantas langsung berhasil dialami oleh setiap pasangan.

Ada berbagai penyebab yang dapat menggagalkan maksud untuk mendapat keturunan ini. Penyebab gagalnya mendapat keturunan bukan hanya disebabkan oleh wanita atau pria yang kurang tepat dalam melakukan hubungan seksual. Tetapi itu juga bisa disebabkan oleh tingkat kesuburan sperma atau kualitas sperma itu sendiri kurang terjaga dengan baik.

Jika kualitas sperma yang bertugas untuk membuahi sel telur didalam rahim wanita terbilang tidak bagus, maka akan sulit untuk berhasil membuahi sel telur sehingga menjadi janin. Dengan sperma yang sehat, maka proses pembuahan pada sel telur didalam rahim akan berjalan dengan baik.

Pada saat masuk kedalam rahim, ada ratusan ribu bahkan jutaan sel sperma yang masuk kedalam rahim. Namun hanya satu yang dapat berhasil membuahi sel telur di dalam rahim wanita. Untuk itu sangat penting bagi pria untuk menjaga kualitas sperma agar tetap dalam keadaan baik dan sehat, agar dapat membuahi sel telur didalam rahim dengan sempurna.

Untuk menjaga kesehatan sperma pria, ada beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk mendapatkan sperma dengan kualitas terbaik. Yaitu dengan berhenti merokok, pada umumnya memang para kaum pria sangat sudah sekali meninggalkan kebiasaan merokok. Tetapi paling tidak mengurangi intensitas merokok dengan perlahan. Bagi mereka yang juga gemar mengkonsumsi alkohol, maka dianjurkan untuk segera berhenti meminumnya. Karena dampak dari meminum alkohol akan berpengaruh buruk untuk kualitas sperma.

Terkadang banyak pria yang memilih memakai celana dalam yang terlalu ketat, padahal ini adalah salah satu hal yang harus dihindari untuk menjaga kualitas sperma tetap dalam keadaan yang sehat. Lebih baik anda memilih menggunakan celana dalam yang sedikit longgar agar udara dapat mudah masuk, hal ini juga berguna untuk mencegah terjadinya penekanan pada alat kelamin pria. Anda juga harus menghindari mandi dengan air yang terlalu panas karena dapat mengganggu permukaan pada kulit kelamin.

Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi vitamin dan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Dengan mengkonsumsi vitamin C anda dapat mendapatkan manfaat yang baik, karena vitamin C mengandung antioksidan yang bagus untuk kondisi tubuh yang menurun. Hindari juga stress karena stress juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan anda. Kualitas sperma akan terganggu jika tubuh merasakan kelelahan dan hal ini juga yang menyebabkan kualitas sperma menjadi kurang baik.

Oleh karena itu sangat penting sekali bagi anda, untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan sehat. Jalani gaya hidup sehat dan optimalkan dengan berolahraga dengan teratur agar vitalitas tubuh tetap terjaga. Perbanyaklah meminum air putih sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang, serta berguna untuk mengganti sel-sel kulit yang mati dan mengeluarkan toksin di dalam tubuh.

Baiknya anda juga banyak mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang kaya akan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Konsumsi buah-buahan, sayuran hijau, makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup, vitamin hingga mineral. Kurangi untuk mengkonsumsi minuman ringan yang bersoda dan mengandung bahan kimia. Sebab jika anda mengkonsumsi makanan secara sembarangan, maka kualitas sperma dapat terkontaminasi dengan bahan-bahan yang yang dapat merusak kualitas sperma. Anda juga harus menghindari seks bebas selalu berfikir positif agar tubuh tidak selalu merasa stress.