Mencegah Osteoporosis Tanpa Obat

Kesadaran yang dimiliki masyarakat Indonesia terhadap masalah Osteoporosis pada saat ini masih dibilang sangat rendah. Karena masih terdapat cukup banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya merawat kesehatan tulang dari sejak dini. Kebanyakan orang mengkonsumsi susu kalsium yang bertujuan untuk mencegah osteoporosis pada saat mereka memasuki usia 40 tahun, padahal perawatan tulang yang di anjurkan bukanlah pada usia tersebut tetapi yang paling tepat adalah pada saat usia 20 tahun-an.

Masalah tulang yang sering terjadi pada umumnya lebih sering menyerang kaum wanita yang berusia lebih dari 50 tahun. Tetapi meski begitu, tidak menutup kemungkinan masalh gangguan tulang dapat terjadi pada wanita yang berumur 40 tahun. Osteoporosis atau lebih dikenal dengan tulang keropos pada umumnya sering terjadi pada daerah tulang sekitar pinggul, tulang belang dan tulang rusuk. Osteoporosis jika tidak di tangani dengan benar maka bisa meyebabkan tulang batah atau bahkan bisa menyebabkan kematian.

Maka dari itu, pastikan anda selalu melakukan pencegahan penyakit osteoporosis ini dengan memperhatikan asupan kalsium yang bisa didapat dari susu atau jenis makanan lainnya. Anda juga bisa mengkonsumsi supplemen yang dapat memperlambat sekitar 30 samai 50% risiko terjadinya pengkeroposan tulang. Tidak hanya menjaga asupn kalsium, anda juga perlu memperhatikan asupan makanan sehat lainnya untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar daya tahan nya tidak melemah. Dibandingkan dengan penduduk yang berada dinegara maju, asupan kalsium masyarakat Indonesia ternyata bisa dibilang masih sangat rendah. Hal ini disebabkan karena masyarakat indonesia masih belum terlalu akrab dengan produk-produk susu seperti yogurt, keju, dsb.

Untuk mencegah terjadinya pengkeroposan tulang, maka anda juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi sumber makanan alami seperti kacang-kacangan, asparagus, kacang hijau, ikan sarden, gandum, salmon. Mengkonsumsi sayuran tentu merupakan hal yang sangat penting, pastikan anda selalu memasukan berbagai macam sayuran terutama sayuran hijau kedalam menu makanan anda setiap hari. Karena sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin K1, zat boron dan juga kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Vitamin D juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, khususnya untuk proses penyerapan kalsium. Vitamin D dapat di peroleh secara alami dari sinar matahari pada pagi hari dan juga dapat diperoleh dari kuning telur. Selain itu teh hijau juga sangat disarankan untuk di konsumsi karena teh hijau terbukti dapat meningkatkan asupan kalsum. Teh hijau juga mampu menjaga kepadatan tulang, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh American College of Nutrition membuktikan bahwa wanita yang berusia 70-85 tahun dan sering mengkonsumsi teh hijau dengan rutin, mempunyai kepadatan tulang yang lebih tinggi.

Maka dari itu, jika anda ingin terhindar dari masalah pengkeroposan tulang atau osteoporosis. Maka anda harus lebih giat untuk melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang seperti sayuran dan susu juga makanan lainnya yang mengandung banyak kandungan kalsium. Tidak lupa juga untuk lebih rajin menjaga kekuatan tulang dengan sering melakukan olahraga.