Say no to banana

Mengapa mendadak aku ingin bercerita tentang pisang?

Sebenarnya sekitar 1 bulan yang lalu aku bekunjung ke beberapa teman blogger dan entah kenapa ada beberapa postingan mereka yang menyentil tentang pisang.

Terus terang aku gak suka dan benci dengan pisang!

Tapi pisangnya memang pisang utuh sebelum diolah ataupun divariasikan menjadi berbagai macam olahan makanan.

Jika ada sebagian yang ingin tau kenapa aku bisa benci pisang,ini dia ceritanya

Dulu ketika aku duduk di bangku SD setiap hari sepulang dari kantor ibu selalu membawa pisang sisa dari makan siangnya di kantin yang gedenya luar biasa. Aku gak tau apa nama pisangnya karena akupun gak mau tau,mungkin ini mungkin yapisang ambon kali. Tapi kenapa pisangnya bisa besar banget yaaa?

Entah karena aku masih kecil,jadi ketika melihat pisang itu aku seperti melihat monster mengerikan berbentuk panjang dan melengkung dengan kulit berwarna kuning dan baunya itu yang selalu bikin aku mual. Aku seringkali protes kalau ibuku sudah membawa pisang itu tapi ibu bilang sayang kalau dibuang. Dan yang bikin aku makin sebel setiap aku gak mau memegang ataupun melihat pisang itu kakak laki-lakiku selalu menggodaku dengan mengacung-acungkan pisang itu malah sampai mengejar-ngejarku.

Dan aku hanya bisa menangis dan ngamuk setiap dia menggodaku.

*ketika kecil aku paling sering berantem dengan kakak laki-lakiku*

Dan aku menganalisa mungkin berawal dari itulah sampai sekarang aku takut dengan yang namanya PISANG!

Pernah satu kali ketika aku baru masuk di tempat kerja yang baru,kebetulan ada acara makan-makan di salah satu rumah temanku. Dan aku karena masih baru dan belum mengenal semuanya masih jaim-jaim gitu lah.hanya bisa duduk manis dan gak banyak ngobrol. Dan ketika sedang duduk gitu ujung jempol kakiku seperti menyentuh sesuatu,dan ketika aku menoleh

OMG..ternyata disebelahku ada pisang!

Bukan satu buah tapi satu runtuy.* apa ya dlm bhs indonesianya?*

Pokoknya pisangnya banyak banget.mungkin baru metik langsung dari pohonnya

Dan aku secara refleks lari terbirit-birit sambil ngejerit-jerit. Semua orang melihat dan awalnya bingung melihatku tapi setelah aku menjelaskan sambil terbata-bata takut akan pisang semuanya gak ada yang gak ketawa.!!

Dan setelah sadar aku maluuuuuu banget!

Pengen rasanya pada saat itu aku berlari pulang atau berharap urat maluku putus *sigh*

Dan sesudah kejadian itu teman-teman kerjaku selalu meledekku dengan pisang,malah terkadang mereka suka menggodaku kalau ada pisang makanan pencuci mulut makan siang kami.

Tapi aku takutnya hanya pisang yang berbentuk utuh lho,kalau pisang yang sudah menjadi olahan makanan seperti pisang molen,atau pisang keju dengan catatan pisangnya sudah dicincang sekali-kali aku mau makan. Asal pisangnya jangan berasa banget,kalau sudah dicampur dengan coklat atau keju kan biasanya gak terlalu berasa tuh pisangnya *licik*

Waktu SMA pun aku inget banget di kantin sekolahku dijual pisang yang dibungkus dengan tepung terigu mungkin seperti roti goreng trus diluarnya ditaburi dengan gula halus. Itu rasanya enaaaaak banget,dan hampir setiap hari aku beli makanan itu. Dan aku sering diledekin sama temen-temen kalau pisang gak mau tapi molen kok mau hehehe.makanan ini pengecualian yaaa..

Kalau ada yang ingin tau ketika Rafi masih bayi apa aku ngasih makan pisang?

Jawabannya iya.kok bisa.?

Iya karena yang beli ataupun nyuapin pisangnya papahnya Rafi.

Dan inipun harus ada syaratnya,aku gak mau lihat adegan suap-suapan pisang itu ! dan bekas kulit pisangnya harus dibuang jauh-jauh dari pandanganku !!

Sebenarnya saat ini ketakutanku sudah tidak terlalu berlebihan,yang tadinya aku bisa lari terbirit-birit hanya karena melihat pisang sekarang ini aku sudah agak bisa mengontrol emosiku. Paling sekarang hanya memalingkan muka kalau aku melihat pisang. Tapi untuk menyentuh atau makan pisang utuh? I SAID NO.

Walaupun banyak orang yang heran dan bertanya kok sama pisang aja takut? Aku sendiri juga bingung dan gak bisa ngasih jawaban,seperti halnya ada orang lain pula yang phobia terhadap kucing lah,badut lah,atau bahkan ada temanku yang phobia sama nasi. Dan sampai saat ini dia belum pernah makan nasi.

Oh iya bagaimana dengan sahabat blogger adakah sahabat yang phobia akan sesuatu seperti aku juga? boleh cerita sedikit doooonk.

Komputasi Modern

Komputasi adalah istilah untuk perhitungan angka, perhitungan ini mengikuti sebuah model dan metode tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Modern adalah sifat dan cara yang terkait dengan waktu saat ini.

Pada awalnya komputer memiliki ukuran yang sangat besar, seringkali memenuhi seluruh ruangan dan memiliki gedung tersendiri untuk lokasi penyimpanannya. Pengoperasian komputer juga terbatas pada jenis pekerjaan yang telah terprogram saja dan penggunaannya terbilang rumit, penggunanya haruslah orang yang benar-benar mengerti sistem elektromekanikal yang tersedia zaman dulu.

Sekarang, komputer modern ada di mana-mana. Ukuran yang tadinya sebesar bangunan telah berkembang menjadi seukuran genggaman tangan dalam bentuk smartphone. Penggunaannya juga tidak terbatas pada perhitungan matematis, tetapi dapat digunakan untuk menonton video, mendengarkan musik, mengakses internet, dan lain lain.

Komputasi Modern bisa disebut sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

  • Akurasi (Floating Point)
  • Kecepatan (Hz)
  • Problem Volume Besar (Downsizing & Parallel Processing)
  • Modeling (Neural Network & Genetic Algorithm)
  • Kompleksitas (Bit O Notation)

Sejarah dari komputasi modern berawal dari seorang yang bernama John Von Neuman. Dipicu oleh ketertarikannya pada hidrodinamika dan kesulitan dalam penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Hal tersebut juga didukung oleh perkembangan dan sejarah internet yang semakin berkembang. Sebagai konsultan pada pengembangan ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.

Beberapa contoh mesin komputasi sebelum lahirnya ENIAC

  • Zuse Z3 Electromechanical Computer
  • Atanasoff-Berry Non-programmable Computer (ABC)
  • Colossus Decrypter
  • Harvard Mark 1
  • ENIAC

Dampak yang diberikan oleh sistem komputasi modern diantaranya penyelesaian masalah kompleks atau berulang, selain itu komputer telah memberikan pengaruh di seluruh aspek kehidupan modern ini. komputer telah merubah cara interaksi dan aktifitas manusia dalam kehidupan sosial, bisnis, dan industri. sebagai contohnya adalah

  • Komunikasi – email, social media
  • Entertainment – Games, Musik, Video
  • Komersial – Jual Beli Online
  • Edukasi – E-Learning
  • Industri – Computer control, CNC, Robot processing
  • Bisnis – Jual Beli dan iklan via internet
  • Sains – riset dan perkembangan

Makanan Enak Termasuk Penghargaan

Banyak yang bilang makanan enak itu bukan penghargaan namun untuk orang-orang yang setiap harinya hanya bisa menyantap makanan ala kadarnya seperti indomie, nasi dengan tahu tempe, nasi garam atau lainnya. Sepiring makanan enak itu bisa menjadi salah satu bentuk penghargaan yang akan disyukuri mereka. Kategori makan enak berbeda setiap orang, namun satu hal yang jelas yaitu jangan pernah menggunakan fast food sebagai rewards. Tapikan fast food lebih murah dibandingkan makanan enak yang ada direstoran. Yap, emang makanan fast food itu murah namun tidak sehat.

Jangan sampai rewards yang diberikan malah menjadi sumber pemicu penyakit. Lalu gimana? Sekarang sudah banyak loh restoran atau tempat makan yang menawarkan diskon dan voucher. Contohnya jika kamu mendapatkan hadiah Voucher Belanja Sodexo. Voucher Belanja Sodexo memiliki banyak Merchants yang berhubungan dengan makanan dimana kamu bisa memilih makanan yang lebih sehat sebagai penghargaan untuk dirimu.

Ehm, emang Merchant Sodexoa apa saja yang berhubungan dengan makanan? Ada banyak banget, contohnya : Shabu Shabu House, Founder Bak Kut Teh, Mr. Park, Feol Lam, Super Bow, Jun Njan, Chiken Story, Grand Central Restaurant, Grand City Restaurant, Dim Sum King, Shaburi, Leko, Warung Lombok, Wee Nam Kee, Bebek Bengil, Dermaga Makassar Seafood, Pepper Lunch Resto (Boga Group), Little aSia, Ikuzen Japanese Food, Han Gang Korea Restaurant, dan masih-masih banyak lagi. So, kamu bisa memilih tempat makanan yang menawarkan makanan lebih sehat. Ingat apa yang kamu makan menentukan siapa kamu. Makanan yang tidak sehat akan membuat tubuhmu menjadi tidak sehat.

Tips memilih makanan enak yang tepat untuk dijadikan penghargaan:

  • Pilih makanan yang sehat. Ini udah harga matilah, ingat makanan yang sehat akan membuatmu menjadi lebih sehat.
  • Makanan yang jarang bisa didapat dalam kehidupan sehari-hari. Biar lebih spesial aja,
  • Ajak teman-teman juga biar enak makannya. Makan sendiri bisa membuat makanan yang enak sekalipun menjadi hambar.
  • Jangan makan berlebihan. Ingat, kapasitasmu berapa yo.

Jadi okelah bila memilih makanan enak sebagai penghargaan terutama untuk diri sendiri.

Perbedaan Pernikahan Dengan Adat Bali

Indonesia merupakan negara yang sangat beraneka ragam suku dan budayanya. Contohnya saja adat pernikahan satu daerah dengan daerah lainnya berbeda. Dari semua ada budaya pernikahan, banyak turis yang sangat menyukai adat pernikahan Bali. Pernikahan adat Bali ini sebenarnya dikategorikan sebagai pernikahan yang tidak legal.

Biasanya jenis pernikahan ini banyak digemari oleh pasangan yang ingin sebuah upacara pernikahan yang mengandung nilai spiritual serta budaya Bali. Beberapa jasa Wedding Photography menawarkan paket ini bagi pasangan yang sudah menikah atau yang akan menikah karena tipe ini tidak akan berpengaruh pada hubungan legal jadi boleh dibilang hanya sekedar formalitas agar pasangan menikmati dan mengalami sendiri adat pernikahan Bali tanpa perlu diikat oleh hukum Negara Indonesia mengenai sebuah pernikahan.

Lokasi Pernikahan Adat Bali

Sebuah jasa Wedding Photography menawarkan paket pernikahan dengan menggunakan pakaian adat Bali di mana acara ini setidaknya memerlukan 30 menit untuk selesai. Ya, telat-telatnya dalam 45 menit juga selesai upacaranya. Namun satu hal yang diingat oleh kita, bawah jasa Wedding Photography tidak menyarankan melaksanakan upacara adat pernikahan Bali di pantai .

Kenapa tidak boleh menggunakan pantai sebagai area pelaksaan penikahan adat Bali? Padahal salah satu objek wisata alam terkenal di Bali adalah pantai. Hal ini dikarenakan

  • Dalam pernikahan adat Bali, banyak terdapat persembahan. Pasir pasir pantai bukanlah permukaan yang cocok untuk meletakan persembahan tersebut karena pasir tidak stabil.
  • Anda dan pasangan juga harus berlutut dan pastinya pasir bukanlah permukaan yang enak. Apalagi di pantai tidak ada pohon yang akan melindungi Anda dari paparan sinar matahari.

Lokasi yang disarankan dan cocok untuk tempat dilaksanakannya adalah

  • Taman di sekitar Hotel atau Vila
  • Daerah Puri
  • Atau daerah stabil lainnya

Untuk amannya diskusi terlebih dahulu dengan jasa Wedding Photography yang telah Anda pilih.

Tata Acara Pernikahan Adat Bali

Dikarenakan pernikahan ini menggunakan adat Bali tentu saja tata acaranya mengikuti semua budaya dan kepercayaan Bali. Berikut tata acara pernikahan Bali

  • Berbagai persembahan yang telah disediahkan disusun sesuai aturan di lokasi upacara
  • Mempelai masuk dan berlutut (atau duduk) di tempat yang telah disediahkan
  • Dupa kemudian dinyalakan agar asapnya bisa memurnihkan dan membersihkan tubuh
  • Pasangan diperciakan air sebagai tanda pemberkatan yang memiliki arti memurnikan tubuh
  • Beras akan ditempelkan di dahi untuk mendoakan keberuntungan dan kemakmuran
  • Pelantunan doa dan meminum air suci
  • Penempatan potongan potongan benang pendek pada beberapa bagian tubuh untuk menandakan kekuatan
  • Benang-benang yang ada di tubuh kemudian di ambil agar penikahan tetap abadi
  • Upacara akan berakhir ketika pasangan menyuapi satu sama lain makanan sebagai penanda masa depan yang bahagia dan sejahtera
  • Pasangan menandatanganin sertifikat upacara

Di atas adalah draf kasar tata acara upacara jadi bisa berbeda-beda urutannya sesuai dengan jasa Wedding Photography yang Anda pilih. Jangan lupa langsung sewa paket lengkap dengan paket foto, baju adat, persembahan, penyewaan pemimpin upcara dan hal lainnya.

Menikmati Langsung Adat Penikahan Bali melengkapi suasana Honeymoon Anda.

Benarkah Madu Efektif Melawan Bakteri?

Sepeti kita sama-sama tahu bahwa madu merupakan sejenis cairan kental dan memiliki rasa manis yang secara alami berasal dan di produksi oleh lebah, madu lebah juga sering digunakan sebagai bahan pengganti gula. Namun tahukah kamu bahwa ternyata madu memiliki khasiat dan keistimewaan untuk melawan bakteri (bakteriostatik), luar biasa ya!

Madu 17 persennya terdiri dari air dan sisanya adalah 2 tipe gula, yakni fruktosa dan glukosa, keduanya juga bersifat menarik air. Madu merupakan larutan yang sangat jenuh sehingga tidak mudah larut dalam suhu ruangan sehingga teksturnya sangat kental.

Luarbiasanya ketika bakteri masuk ke dalam tubuh, maka madu akan langsung bekerja untuk menarik air keluar dari zat asing tersebut sehingga bakteri dan jamur menjadi tidak berdaya dan tidak mampu berbuat apa-apa. Madu juga tidak mengandung cukup air sehingga memastikan bakteri tidak bisa hidup dan bertahan lama.

Perlu juga kamu ketahui bahwa gula bukan merupakan satu-satunya kandungan yang terdapat dalam madu sehingga membuat madu sebagai salah satu pelawan bakteri yang tergolong sangat ampuh, lebah bahkan menambahkan glukosa oksidasi sehingga madu menjadi sangat asam dan menyebabkan bakteri tidak mungkin berkemang di dalamnya. Ketika glukosa oksidasi tersebut dipecah maka akan berubah menjadi hydrogen peroksida yang berfungsi untuk menghancurkan dinding sel-sel bakteri, luar bisa bukan?

Madu juga mengandung senyawa protein yang biasa di kenal bee defensing-l, merupakan bagian dari sistem imunitas lebah yang didesain untuk melindungi mereka terhadap bakteri, terutama bakteri jahat (yang menyebabkan penyakit), dalam berbagai hasil penelitian juga menyebutkan bahwa protein jenis ini merupakan jenis anti bakteri yang tergolong kuat.

Namun ternyata madu juga kurang baik diberikan pada bayi kurang dari satu tahun, mengapa? Karena sekitar 10% dari madu diteliti juga mengandung spora botulinum di dalamnya. Spora botulinum adalah satu-satunya bakteri yang bisa bertahan dan mampu melawan sifat antibakteri dari madu, ini karena bakteri tersebut sudah menjadi kering sehingga madu tidak bisa menghancurkannya dengan cara menarik sumber air dalam bakteri tersebut.

Demikian sedikit penjelasan singkat seputar madu yang merupakan anti bakteri alami yang cukup ampuh untuk mencegah dan melawan bakteri yang berkembang biak di dalam tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Sekolah Musik Sebagai Wadah Kreativitas Anak

Kreativitas pada setiap anak merupakan suatu nilai-nilai yang akan membuat setiap orang tua di manapun akan merasa bangga dengan itu semua sekolah musik terbaik di Indonesia. Kreativitas tidak hanya akan membanggakan orang lain yang melihatnya, namun hal itu juda dapat memberikan arti bagi individu-individu yang melakukannya. Menurut Munandar kreativitas adalah sebuah proses nata seseorang dalam kefasihan dan dalam fleksibilitas originalitas berpikir. Menurut Baron kreativitas menekankan pada segi produk yaitu kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru kedalam kehidupan. Produk kreatif tersebut keberadaanya bisa yang baru atau belum pernah ada sebelumnya.

Dalam bidang musik, sama halnya seperti masak, tari, kimia, fisika, kedokteran, dan cabang ilmu atau keterapilan lain terdapat istilah kreativitas yang spesifik dan bermacam-macam dari bidang tersebut. Pendidikan musik merupakan sarana terbaik untuk pendidikan kreativitas. Dalam bermusik seseorang melatih dirinya untuk mengembangkan keterampilan mereka. Meningkatkan imajinasi dan kemampuan otak mereka karena dalam bermusik setiap orang diwajibkan untuk terus menciptakan sebuah inovasi dari alat musik yang mereka mainkan, baik itu dari alat musik tradisional maupun alat musik modern.

Di sekolah musik biasanya setiap pengajar bahkan dengan sabar menuntun mereka dalam menguasai alat musik namun tetap membebaskan kreativitas mereka dalam bermusik. Potensi yang ada pada setiap anak seharusnya bisa menjadikan mereka sebagai generasi yang dapat mencetak produk baru yang dapat diperkenalkan kepada orang lain kedepannya. Dengan lengkapnya sarana dan prasarana yang menunjang di sekolah musik setiap orang akan lebih mudah mengeksplorasi kemampuan yang mereka miliki dan didalam sekolah musik biasanya setiap orang akan lebih mengenal karakter baru dan berbeda potensinya dari orang lain yang mereka jumpai.

Sesuai dengan pernyataan Munandar bahwa anak-anak yang belajar musik akan mampu menemukan originalitas kemampuannya jika selalu rutin belajar dan berlatih serta implikasinya dengan mempraktekkan kedepan orang lain. Kharakter baru yang terbentuk sangat mungkin dimulai dari wahana kesenian ini. Sehingga musik yang merupakan walah satu jenis berkesenian dan ciri kebudayaan manusia sejak dulu, sangat mungkin memberdayakan tiap orang pada potensi tertingginya. Dengan menganggap bermusik adalah bagian dari hasil karsa manusia maka kreativitas dan mentalitas seseorang dapat menjadi kian unggul.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, pengobatan dan kecantikan

Jeruk nipis adalah jenis tanaman yang termasuk jenis tanaman obat, tergolong kedalam suku jeruk-jerukan. Jeruk nipis sering digunakan untuk penyedap masakan, namun bukan hanya itu saja, masih memiliki manfaat lain untuk kesehatan, pengobatan dan juga kecantikan.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan juga mengandung kalsium, fosfor, hidrat arang, vitamin B, zat besi, lemak, kalori, protein, dan air. Kandungan zat lain juga terdapat dalam jeruk nipis seperti limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral, dan asam sitrat. Maka dari itu sangat baik untuk kesehatan juga dapat digunakan untuk pengobatan dan kecantikan.

Kandungan yang ada dalam jeruk nipis sangat baik dan melindungi tubuh dari radikal bebas, seperti kandungan flavonoid bertindak sebagai antioksidan. Kandungan vitaminnya juga sangat banyak, terutama kandungan vitamin C yang sangat penting untuk mengembangkan jaringan ikat tubuh, penyembuhan luka dan mendukung dinding pembuluh darah. Kandungan zat lainnya juga sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh manusia.

Manfaat jeruk nipis yang dapat diketahui

Di atas telah disebutkan beberapa kandungan yang ada dalam jeruk nipis, maka dari itu tidak heran jeruk nipis kaya akan manfaat yang penting bagi kesehatan. Berikut ini ada beberapa manfaat dari jeruk nipis, baik untuk kesehatan, pengobatan maupun kecantikan, yaitu :

  1. Baik untuk sistem pencernaan
  2. Mengobati demam dan batuk
  3. Mengatasi haid kurang lancar
  4. Menghilangkan panu dan kurap
  5. Menghilangkan jerawat
  6. Mengencangkan pori-pori
  7. Mengatasi flek hitam
  8. Menurunkan berat badan
  9. Menghaluskan kulit
  10. Menyehatkan rambut

Itulah beberapa dari manfaat yang dimiliki jeruk nipis. Selain yang telah disebutkan di atas, tentunya jeruk nipis masih banyak lagi manfaatnya. Baik untuk kesehatan, bahan pengobatan dan juga kecantikan.

Tanaman jeruk nipis yang mana buahnya kaya akan manfaat, memang sudah dari dulu dimanfaatkan orang untuk kepentingan kesehatan, selain sebagai penyedap dalam masakan. Semoga sedikit artikel tentang manfaat jeruk nipis bagi kesehatan, pengobatan maupun kecantikan menambah wawasan dan pengetahuan bagi Anda yang membacanya.

Beragam Manfaat Rumput Laut

Rumput laut merupakan tumbuhan yang habitat utamanya di air laut dan untuk jenis tertentu di air tawar. Rumput laut sering juga disebut ganggang laut dan menjadi salah satu bagian dari contoh rantai makanan di laut. Tanaman ini dalam ilmu botani dimasukkan ke dalam kelas ganggang multiseluler dengan divisi Thallophyta. Rumput laut merupakan sumber daya hayati yang dapat pulih (renewable resources). Manfaat rumput laut cukup beragam. Nilai jualnya juga cukup tinggi, maka tidak heran jika industri rumput laut cukup diminati. Pemanfaatan rumput laut, kini tak hanya sebatas di bidang kuliner saja tetapi juga telah merambah bidang lainnya.

Kandungan Senyawa Rumput Laut

Sebelum mengurai apa saja manfaat rumput laut, penting untuk memahami senyawa penyusun tanaman yang digolongkan ke dalam kelas alga ini. Rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Jika diurai secara kimia, rumput laut terdiri dari protein, karbohidrat, serat alami, lemak, enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A, B, C ,D, E dan K) serta beberapa makro mineral seperti oksigen, kalsium, selenium dan juga nitrogen. Adapun kandungan mikro mineralnya antara lain magnesium, natrium juga Fe atau zat besi. Menurut penelitian lanjutan, kandungan asam amino, vitamin serta mineral rumput laut adalah 10 sampai 20x dari tumbuhan daratan

Industri Kuliner Hingga Alat Rumah Tangga

Manfaat rumput laut sangat beragam mulai dari industri kuliner sampai industri alat-alat rumah tangga. Pemanfaatannya dalam dunia kuliner telah lama diketahui. Rumput laut diolah menjadi tiga jenis bahan utama yakni agar, karagenan, dan alginate. Ketiga bahan dari rumput laut inilah kemudian yang diolah kembali dalam berbagai industri.

Dalam industri kuliner, yang paling banyak dimanfaatkan adalah agar. Agar merupakan hidrokoloid rumput laut yang memiliki kekuatan gel yang cukup kuat. senyawa ini sendiri dihasilkan melalui proses ekstraksi rumput laut terutama dari genus Gracilaria dan Gelidium. Agar banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan makanan seperti yoghurt, pudding instan, coklat susu, roti, permen, saus, makanan bayi, jelli, sirup, makanan hewan peliharaan, tekstil, kertas dan masih banyak lagi lainnya.

Sementara itu, karagenan adalah senyawa hidrokoloid yang merupakan senyawa polisakarida rantai panjang yang diekstrak dari rumput laut jenis karagenofit seperti Eucheuma sp, Hypnea sp. Karagenan dibedakan menjadi 3 macam yaitu iota karagenan, kappa karagenan dan lambda karagenan. Ketiganya berbeda dalam hal sifat gel. Kappa karagena menghasilkan gel yang kuat, sedangkan iota karagenan membentuk gel yang halus dan mudah dibentuk. Karagenan juga dalam jenis tertentu bisa digunakan sebagai bahan yoghurt, wafer cream, ice cream, pudding, minuman ringan, jus buah, bir, saus, tekstil, kertas, makanan ikan, shampoo, pasta gigi, obat tablet dan masih banyak lagi lainnya.

Olahan rumput laut yang terakhir adalah Alginat yang merupakan hidrokoloid yang diekstrak dari alga coklat atau Phaeophyceae. Rumput laut penghasil alginat diantaranya adalah genus Sargassum dan Turbinaria. Alginat menjadi penting karena penggunaannya yang luas dalam industri sebagai pembentuk gel, bahan pengemulsi dll. Di dalam bidang kosmetik dan farmasi, alginate dimanfaatkan dalam bentuk asam alginat, garam sodium alginat dan kalsium alginat. Sifat asam alginat tidak larut dalam air, akan tetapi mengembang, sehingga dapat berfungsi sebagai disintegrating agent dan berguna dalam pembuatan tablet. Selain itu asam alginat juga banyak digunakan untuk bahan pelangsing tubuh dan atau makanan diet, atau juga sebagai bahan pengikat seperti pada produk pasta gigi dan krim pencukur.

Sementara itu, jenis alginat lainnya yakni Sodium alginat banyak digunakan dalam industri obat-obatan cair karena bisa meningkatkan viskositas atau kekentalan. Aplikasi di dalam industry farmasi misalnya pada pengisi obat penicillin dan obat obat sulfa. yang terakhir adalah Kalsium alginat, merupakan bahan untuk peng emulsi yang dapat digunakan dalam pembuatan kapsul. Selain sifatnya sebagai peng emulsi kalsium alginat juga bersifat sebagai pengental. Aplikasi dalam industri kosmetik adalah pada shampo cair atau bahan untuk pencuci rambut.

Pemanfatan Rumput Laut Non-Industri

Manfaat rumput laut dalam dunia industri memang cukup luas. Pengolahannya secara serius didukung oleh teknologi berbasis pabrikan. Tetapi, dalam skala kecil atau non-industri, rumput laut juga banyak diberdayakan oleh masyarakat dan dijadikan konsumsi harian keluarga. Misalnya sebagai bahan untuk membuat sup Miyeokguk, kerupuk, bubur dan masih banyak lagi lainnya.

Jeruk nipis dan beragam manfaatnya untuk kesehatan

Jeruk nipis merupakan jenis tanaman yang termasuk kedalam suku jeruk-jerukan, pohonnya dapat mencapai tinggi hingga 3-6 meter. Tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut dan tumbuh baik pada daerah yang terkena sinar matahari langsung.

Tanaman jeruk nipis dapat diperbanyak melalui biji, okulasi atau cangkok. Buah jeruk nipis digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan. Manfaat jeruk nipis bukan hanya itu saja, untuk kesehatan juga bisa dan untuk kecantikan. Ini dikarenakan jeruk nipis memiliki banyak kandungan zat yang berguna untuk kesehatan.

Beberapa kandungan zat yang ada dalam jeruk nipis diantaranya seperti mengandung limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral, dan asam sitrat. Kandungan gizinya juga banyak seperti kaya akan vitamin C, kalsium, fosfor, hidrat arang, vitamin B, zat besi, lemak, kalori, protein, dan air. Maka dari itu, jeruk nipis memiliki manfaat yang melimpah guna kesehatan dan juga dapat digunakan untuk kecantikan maupun pengobatan.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Dari kandungan yang ada dalam jeruk nipis seperti yang telah disebutkan di atas, jeruk nipis memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut ini ada beberapa manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan yang dapat diketahui, yaitu:

  1. Menambah stamina
  2. Melangsingkan badan
  3. Mencegah tekanan darah tinggi
  4. Mencegah rambut rontok
  5. Mengobati batuk berdahak
  6. Mengatasi bau badan
  7. Mengobati sakit gigi
  8. Mengobati demam
  9. Mengatasi haid tidak teratur
  10. Mengobati pegal linu

Itulah beberapa dari manfaat jeruk nipis, selain itu juga dapat digunakan untuk kecantikan seperti melebatkan rambut, untuk diet, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo dan jerawat, membuat wajah lebih sehat dan bersinar.

Tanaman jeruk nipis yang merupakan jenis tanaman obat juga dapat digunakan untuk bahan pengobatan suatu jenis penyakit. Semoga sedikit artikel tentang tanaman jeruk nipis dan berbagai kandungan juga manfaatnya dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan, menambah pengetahuan bagi kamu yang membacanya.

Tari Saman

Untuk mengisi acara suatu Kick off meeting, 20 orang karyawan dan karyawati suatu perusahaan, berlatih menari Saman. Suatu tarian yang indah dari Aceh, seperti yang menjadi iklan salah satu provider telepon seluler di negeri ini. Yang istimewa dari para penari ini, mereka datang dari multi etnis: Bali, Sunda, Madura, Jawa, Batak, Tionghoa dan hanya seorang dari Aceh.

Melihat awal mereka berlatih, tampak sekali bahwa mereka bukan penari profesional, dan hampir dipastikan semuanya belum pernah menarikan tarian ini sebelumnya. Walaupun sang pelatih membimbing mereka, gerak demi gerak dengan sabar (bukan langkah demi langkah karena mereka menari sambil bersimpuh), banyak sekali kesalahan yang terjadi. Kadang kesalahan itu terlihat lucu, seperti ketika uluran tangan seorang penari tidak ada yang menyambutnya.

Kadang terlihat menyakitkan, karena tepukan tangan yang diulurkan mendarat di telinga penari disampingnya. Kadang juga terjadi kekusutan, karena ketika seorang harus menyusup di antara tangan kedua penari lainnya, tangan tangan tersebut masih menutup gerakannya. Kadang ketika yang lain masih menari, seorang penari malah berhenti atau sebaliknya. Amat seru melihat mereka berlatih.

Tapi ketika mereka mulai menyadari gerak masing masing dan gerak dari rekan di sampingnya, tarian tersebut tampak mulai hidup. Uluran tangan di sambut dengan uluran tangan, sehingga terjadi tepukan yang indah. Gerakan membungkuk diikuti dengan gerakan membungkuk dari pasangannya, sehingga terlihat serasi.

Gerakan menyusup diimbangi dengan gerakan lainnya sehingga tampak sebagai gelombang ombak yang dinamis. Gerakan mereka kadang cepat, kadang lambat, mengikuti irama salawat yang dikumandangkan. Terlihat indah sekali.

Alangkah baiknya kalau jiwa tarian ini juga menjiwai budaya baru transportasi di kota ini. BRT TiJe di kota kita ini masih tergolong baru, tapi kita bisa belajar seperti para penari telah belajar. Pengguna, non pengguna. operator dan awaknya, BLU, Dishub, polantas, pemda dan masyarakat transportasi adalah pelaku yang sangat beragam.

Hendaknya kita menyadari peranan kita masing masing. Kita tidak lalai melakukan kewajiban kita. Kemudian kita juga memperhatikan peran pihak lain, supaya tidak terjadi kekusutan. Pengguna memperhatikan pengguna lain sehingga tidak terjadi saling dorong, saling serobot.

Operator memperhatikan kesejahteraan awaknya. Awak memperhatikan kualitas pelayanan untuk pengguna. BLU dan Dishub tidak saling tumpang tindih keputusannya, misalnya tentang pemasangan rambu rambu . Dishub dan polantas mempunyai pandangan yang sama tentang jalur khusus busway untuk tidak mengijinkan kendaraan lain masuk ke jalur ini.

Pemda memperhatikan dengan sungguh-sunggguh pelayanan transportasi untuk masyarakatnya. Masyarakat ikut menjaga dan memelihara sarana yang disediakan pemda. Dan sebagai sebagai penjaga irama semua pergerakan ini, undang undang dan perda yang humanis dan realistis sangatlah diperlukan.

Bila semua gerakan ini dapat dipadukan dengan serasi, tentu akan menjadi suatu gerakan yang indah; yang tampak dari gelombang kemajuan budaya baru bertransportasi.

Pada akhir pementasan tari Saman pada 17 Januari tersebut, para penari mendapat tepukan yang meriah dari seluruh undangan, termasuk juga dari ASEAN General Manager perusahaan tersebut. Jadi saya sangat mengharapkan semua pelaku transportasi juga akan mendapatkan appresiasi yang sama.